Bagi seorang pelajar yang ingin memasuki dunia perkuliahan, memilih jurusan adalah salah satu aspek terpenting. Apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak pelajar yang memilih jurusan sesuai dengan kecintaan atau passionnya, salah satunya adalah pecinta hewan.

Eitss, tunggu dulu. Kamu gak salah denger, loh! Faktanya, saat ini sudah banyak jurusan yang berkaitan dengan hewan di Indonesia. Jadi kamu bisa tetap bermain dan belajar bersama hewan yang kamu sayangi dari hewan terkecil seperti mikroba sampai hewan terbesar.

Kira-kira jurusan apa aja nih yang cocok untuk pecinta hewan?

Kedokteran Hewan
Jika kamu ingin melakukan interaksi secara intens dengan hewan, tentu saja jurusan ini adalah pilihan yang tepat karena saat kuliah nanti kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara merawat, mencegah, serta mendiagnosis gangguan dan penyakit yang ada pada hewan.

Sama halnya seperti dokter manusia, dokter hewan juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! Apalagi seperti yang kita tahu, hewan tidak bisa berbicara sehingga mereka tidak bisa memberi tahu tentang kesakitan yang mereka rasakan. Oleh karena itu, peran dokter hewan sangat penting untuk bisa memahami serta menolong mereka ketika sakit.

Ilmu Perternakan
Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang ilmu dan teknologi pangan berdasarkan aspek kimia-biokimia, bioteknologi, rekayasa, serta nilai gizinya. Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang tata cara perkembangbiakan serta pengolahan hewan-hewan ternak yang baik dan benar.

Walaupun kamu akan mempelajari tentang hewan-hewan peternakan, faktanya prospek karir dari jurusan ini cukup meyakinkan, lho! Kamu bisa menjadi peneliti hewan ternak, ahli bioteknologi, formulator pakan ternak, dan manajer pertanian dan peternakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa bekerja di lembaga milik pemerintahan seperti kementerian pertanian, kementerian perindustrian, kementerian lingkungan hidup, lembaga riset, dan lembaga pendidikan. Bagaimana? Prospek karir di jurusan ilmu peternakan sangat menarik, bukan? Apakah Shiners ingin mencobanya?

Zoologi
Secara garis besar, Zoologi merupakan cabang ilmu biologi yang membahas segala hal yang berkaitan dengan hewan. Pembahasan dalam jurusan ini pun beragam mulai dari organisme, perilaku, anatomi dan susunan internalnya, hingga habitat alami, adaptasi, cara berinteraksi, dan evolusinya.

Bagi kamu si pecinta hewan, jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Pasalnya, kamu akan banyak berinteraksi dengan hewan, mulai dari berinteraksi langsung hingga merekam aktivitasnya melalui kamera. Prospek karir dari jurusan ini pun beragam, dimulai dari sebagai peneliti hewan, zookeeper, dan spesialis konservasi alam.

Oseanografi
Oseanografi berbeda dengan ilmu kelautan. Jika ilmu kelautan mempelajari tentang studi ilmiah seperti fisika, kimia, geologi dan biologi sedangkan oseanografi mempelajari tentang eksplorasi dan kondisi laut. Di jurusan ini, kamu akan diajak untuk mengeksplorasi beragam fenomena laut yang kemudian akan diaplikasikan pada bidang rekayasa, bencana laut, mitigasi bencana, lingkungan hingga perikanan.

Tak hanya itu, Oseanografi juga berfokus pada studi ilmiah tentang ekologi dan perilaku mikroba, tumbuhan, dan hewan yang menghuni lautan, perairan pesisir, dan lahan basah air asin dan interaksinya dengan lingkungan fisik.

Prospek karir dari jurusan ini pun beragam, kamu dapat menjadi coastal modeler, oceanographic engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator, dan marine environmental scientist.

Itulah deretan jurusan yang bisa kamu pilih sebagai pecinta hewan. Dengan masuk ke beberapa jurusan tersebut, kamu pasti akan menikmati hari-harimu di kampus karena dapat belajar sambil bermain dengan hewan yang kamu sayangi. Jadi kamu tertarik dengan jurusan yang mana nih?